Pondok Inspirasi Untuk Anak Negeri

Pondok Inspirasi yang berlokasi di Desa Batuyang Kec. Pringgabaya adalah organisasi yang memberikan layanan baca yang relevan dengan kebutuhan masyarakat yang dominan dengan masyarakat dari ekonomi menengah kebawah, dengan target mulai dari anak-anak (TK-SD-SMPdan SMA) hingga masyarakat dewasa.

Latar belakang berdirinya taman baca ini adalah berawal dari realita yang terjadi pada anak-anak di Lombok pada umumnya dan di Lombok Timur pada khususnya. Era yang serba teknologi ini seolah menjadi candu bagi masyarakat secara umum dan bagi anak-anak secara khusus yang dengan nyata dapat menurunkan minat belajar dan membaca. Bukan hanya itu, potensi sosial dan moral pada anak juga sedikit demi sedikit terkikis. Permainan yang serba modern dan berteknologi seperti penggunaan gadget membuat anak-anak meninggalkan permainan tradisional yang sarat pendidikan. Hal ini lah yang menggiring pendiri Pondok Inspirasi untuk membentuk sebuah wadah/ruang yang menciptakan lingkungan yang bersahabat dengan anak dan masyarakat sekitar.

Selain kegiatan membaca, kegiatan seperti mengaji, membuat kerajinan tangan, nonton bareng film edukasi, menggambar, serta membuat kelas menulis baik untuk anak anak (Cerpen dan puisi) serta bagi remaja atau dewasa (belajar blog) juga dilakukan di Pondok Inspirasi. Selain itu juga Pondok Inspirasi melakukan kegiatan di luar, di daerah-daerah terpencil yang ada di Lombok, yang membutuhkan akses buku bacaan. Daerah-daerah terpecil ini datangi guna memberikan ruang bagi anak-anak yang tidak memiliki akses berupa perpusatakaan serta fasilitas tenaga pengajar yang masih minim.

Video Pondok Inpirasi

Buku-buku yang ada di Pondok Inspirasi dapat diakses secara gratis. Dan perlu di ketahui bahwa berdirinya pondok inspirasi murni didirikan tanpa ada campur tangan pihak pemerintah dan lembaga lain.

Dengan ini, kami membuka kesempatan kepada pihak manapun untuk mendonasikan buku bacaan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa (bacaan umum/novel). Ketersediaan buku di Pondok Inspirasi masih terbilang kurang. Selain buku bacaan, organisasi ini juga menyajikan ruang bermain bagi anak-anak sekitar untuk melestarikan permainan tradisional yang mendidik Oleh karena itu, kami juga memberikan kesempatan kepada pihak manapun untuk menyumbangkan ide/gagasannya terkait permainan tradisional yang dimaksud.[SR]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *