Desa Ku Membangun

Desa Batuyang merupakan salah satu dari 15 desa yang ada di wilayah Kecamatan Pringgabaya yang memiliki luas wilayah 766.788 ha dengan 10 dusun. Kesepuluh dusun tersebut antara lain Dusun Batuyang Daya, Dusun Batuyang Tengaq, Dusun Batuyang Lauq, Dusun Rumbuk, Dusun Padamara, Dusun Bagek Atas, Dusun Bagek Longgek, Dusun Bagek Loonggek Daya, Dusun Senang dan Dusun Batu Belek. Dengan jumlah penduduk sebanyak 10.584 jiwa yang tersebar di kesepuluh dusun tersebut, tidak menghambat pembangunan yang digalakkan di Desa Batuyang.

Dengan adanya dana desa yang disalurkan oleh pemerintah ke seluruh desa yang ditujukan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan baik fisik maupun Sumberdaya Manusia, telah mengharuskan setiap desa untuk melakukan pembenahan, termasuk Desa Batuyang. Di Desa Batuyang sendiri, sudah terlihat beberapa pembangunan infrastruktur seperti rabat jalan yang menghubungkan antardusun sehingga memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya misalnya aktivitas jual beli, aktivitas pendidikan anak-anak, dan aktivitas lain yang dilakukan masyarakat demi menunjang kebutuhan sehari-hari.

Selain rabat jalan, bidang kesehatan juga menjadi perhatian pemerintah desa. Pusat penyediaan air bersih telah tersedia di Dusun Padamara, di mana sebelumnya masyarakat di sana kesusahan dalam mendapatkan pasokan air bersih. Di samping itu, pemerintah juga menyediakan sebanyak 14 titik posyandu dengan total jumlah kader sebanyak 70 orang yang tersebar disemua dusun. Dengan adanya posyandu, kesehatan masyarakat lebih mudah terpantau sehingga memungkinkan untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Belum lagi, adanya rencana pembangunan polindes yang berlokasi di Dusun Senang akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, mengingat jarak Dusun Senang dengan Puskesmas cukup jauh. Ditambah lagi, bangunan puskesmas saat ini berada dalam kondisi perbaikan dan perluasan.

Tidak cukup dalam bidang kesehatan, bidang pendidikan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam sebuah desa. Di Batuyang, telah terbangun dan beroperasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak di kesepuluh dusun yang telah disebutkan. Dengan menyediakan fasilitas pendidikan seperti PAUD dan TK, sudah tentu mampu memajukan sumberdaya manusia yang ada di Desa Batuyang, dan secara tidak langsung, telah membuat masyarakat Batuyang menjadi melek pendidikan.

Terakhir, untuk menunjang aktivitas pemerintah desa dan masyarakat, pemerintah Desa Batuyang membangun sebuah aula di samping bangunan utama kantor desa, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi semua pihak untuk mengadakan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *