Mulberry, Buah Pinggiran yang Bikin Awet Muda

Sudah tiga bulan terakhir ini, sejak pindah ke ibu kota Nusa Tenggara Barat, anak saya punya kebiasaan unik. Abyadh hampir setiap pagi mengajak saya atau ibunya menghampiri sebuah pohon yang berdiri rindang persis di depan rumah tempat kami tinggal. Buah yang mirip keluarga berry itu ternyata sudah menghipnotis anak saya untuk kesana lagi dan lagi. Awalnya saya pikir Abyadh hanya senang pegang-pegang, memainkannya lalu dibuang. Tapi ternyata, dia lahap sekali menyantap buah yang berdiameter kelingking orang dewasa itu. Saya melihat orang-orang sekitar juga tak jarang memetic dan menyantap buahnya. Saya pun ikut mencobanya. Dan benar, buahnya yang sudah berwarna hitam rasanya manis. Sedangkan yang masih berwarna merah, rasanya kecut. Setelah saya lihat-lihat lagi pohon dan buah itu, saya baru ngeh bahwa pohon itu sering sekali saya jumpai di pingiran sungai pada zaman dulu. Bahkan sebagian orang menanamnya sebagai pagar rumah.

Saya mulai bergumam dalam hati, “ini buah sebenarnya namanya apa ya?”. Saya mulai penasaran dengan nama buah ini, terlebih dengan manfaatnya. Karena tidak ada satupun di dunia ini yang tercipta tanpa membawa manfaat bagi manusia. Beruntung sekali ya manusia.

Untuk mengobati rasa penasaran ini, mulailah saya browsing di internet. Ketika saya ketik kata kunci ‘family buah berry’ di laman pencarian, muncullah aneka ragam keluarga berry. Mulai dari strawberry, bilberry, mulberry, raspberry, dan sebagainya. Ada satu jenis yang saya pikir mirip. Segeralah saya keluar untuk menyocokkan gambar di internet dengan buah itu. Dari bentuk daun hingga buahnya tidak ada perbedaan. Terjawab, ternyata buah yang sering dimakan Abyadh bernama Mulberry.

Selain rasanya yang enak, ternyata pohon mulberry ini menyimpan khasiat yang begitu banyak. Padahal kalau dilihat dari tempat tumbuhnya kita mugkin tidak menyangka banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tapi jika dilihat dari segi warna, biasanya tanaman atau buah yang memilki pigmen warna  merah hingga hitam ini mengandung anti oksidan yang tinggi ya. Nah, berikut adalah berbagai khasiat dari pohon mulberry yang kita semua harus tahu.

Meremajakan Kulit

Jangan pernah sepelekan pohon yang sering dikatakan tanaman semak ini ya teman-teman. Karena pohon mulberry bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Kenapa? Anti oksidan yang terkandung di dalam buah Mulberry mampu melawan beragam partikel radikal bebas yang ada dalam kulit yang dapat menyebakan penuaan dini. Selain itu, buah mulberry sangat membantu untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam, terutama bagi kaum wanita.

Jika ingin memiliki kulit kencang, sering-seringlah mengonsumsi buah mulberry secara teratur. Caranya adalah dengan membuat minuman sehat dari mulberry atau jus mulberry. Cara ini membuat kulit terasa segar, lembut dan halus. Dan untuk mendapatkan kulit yang cerah, selain dikonsumsi secara langsung, bisa juga dijadikan sebagai campuran masker. Caranya adalah ambil buah mulberry secukupnya (4-6 biji), cuci bersih dan masukkan dalam wadah plastik atau tatakan, lumuri dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu oleskan di wajah. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mengobati Gatal-gatal di Kulit

Tidak hanya buahnya, daunnya juga memiliki memiliki khasiat yang luar biasa. Daun mulberry dipercaya dapat mengatasi rasa gatal pada kulit. Cukup dengan merendamnya dalam minyak zitun atau minyak kelapa selama beberapa hari lalu dioles pada kulit yang gatal, maka gatal pun hilang.

Supaya rutin mengkonsumsi buah ini, sebaiknya anda harus menanam tanaman ini. Bagaimana cara budidayanya akan saya ulas pada artikel selanjutnya. [SR]

5 thoughts on “Mulberry, Buah Pinggiran yang Bikin Awet Muda

  • Avatar
    October 1, 2019 at 11:08 am
    Permalink

    Waaah asikk ya mbak bisa petik mulberry sendiri, saya belum pernah petik sendiri tp uda pernah cobain buahnyaa. Enaakkk hehehe

    Reply
    • SR
      October 4, 2019 at 4:30 pm
      Permalink

      Yuk ditanam di pekarangan rumahnya atau bisa dengan pot.

      Reply
  • Avatar
    October 1, 2019 at 5:21 pm
    Permalink

    punya satu pohonnya di rumah, perjuangan banget deh jaganya, tumbuhnya juga lama.. mudah-mudahan bisa cepat berbuah 😀

    Reply
    • SR
      October 4, 2019 at 4:29 pm
      Permalink

      Kembangin lagi dengan cara stek. Gampang budidayanya tancepin siram tumbuh deh..

      Reply
  • Avatar
    October 6, 2019 at 9:19 pm
    Permalink

    dulu waktu kecil tetangga saya ada yang punya pohon mulberry suka saya ambilin. hha

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *