Destinasi Wisata Pantai Cemara Lombok Timur

Saya hampir 3 bulan tetap berkunjung ke daerah Jerowaru. Tapi belum pernah menginjakkan kaki di daerah wisata pantainya, kecuali Pantai Pink. Kegiatan rutin yang saya lakukan bersama  teman-teman relawan bukan sebatas kegiatan jalan-jalan,  tapi ada misi tertentu yang harus di selesaikan “kayak detektif aja”

Anggap saja misi saya sudah berakhir. Kini giliran memanjakan mata. Jerowaru merupakan kecamatan yang terletak di wilayah selatan Lombok Timur. Dan di daerah inilah banyak tersimpan titik-titik destinasi wisata cantik yang wajib untuk dikunjungi. Wisata pantai di daerah tidak diragukan lagi keindahan dan suguhan panorama ciptaan sang Kuasa.

Sebelum memulai pertualangan, salah satu diantara relawan menawarkan spot cantik yang katanya masih perawan. Sepintas terdengar ada kata cemara. Saya langsung menyanggah usulan tadi.

“ngapain pantai cemara, jauh banget di sini kan masih banyak pantai” ungkap saya sambil meneguk air dalam botol yang saya bawa.

“maaf, bukan pantai cemara yang di Lembar maksudnya. Di Lombok Timur sendiri ada namanya pantai Cemara dan lokasi dekat banget dari tempat kita ini” sanggahan dari teman.

Kebetulan kita berada di Desa Sekaroh, Dusun Ujung Gol. Tampa menunggu lama kita langsung capcus menuju lokasi. Kira-kira sekitaran 6 menit kita sudah sampai di lokasi tujuan. Memang luar biasa, ini namanya beautiful……………..semua teriak kayak orang baru liat pantai saja. Maklum ini pertama kali kami berkujung.

Deretan pohon cemara menyambut kedatangan saya dan teman-teman. Silau pasir dari pancaran warna putih, seakan menyapa dengan lembutnya. Hamparan rumput liar yang menutupi sebagian bibir pantai ingin berebutan bersalaman. Pantai yang belum dikotori sampah-sampah beton menambah suasana alami yang masih terjaga. Pantai cantik ini belum begitu rame dikunjungi.

Pantai yang menghadap langsung ke samudra Hindia ini memiliki air laut yang jernih dan terlihat biru. Sampai di bibir pantai terlihat bapak-bapak berdiri tegap sambil menjulurkan alat pancingnya. Pantai ini menjadi titik atau pusat pemancingan, dan tidak tangung-tanggung masyarakat yang memancing berasal dari daerah luar Jerowaru.

Secara administratif bahwa pantai ini terletak di Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur. Bagi kalian yang ingin memanjakan mata dan hatinya silahkan saja berkunjung.  Akses jalan tidak begitu parah jika dibandingkan dengan akses jalan menuju pantai pink. Hingga ke lokasi akses jalan sangat bagus. Pasti ada yang nanya diantara kalian. Kira-kira berapa jam hingga sampai di lokasi? Sebelum saya menjawab saya juga mau bertanya balik. Kalian datangnya dari arah mana?. Jika kalian datang dari Kota Mataram saya prediksikan kurang lebih dua jam lamanya.

Pasti kalian tertarik ingin datang. Sebelum mengunjungi tempat ini  saya mau infokan kekalian bahwa harus mempersiapkan bekal selama berada di Pantai Cemara. Sebab di tempat ini belum ada yang berjualan. Belum ada yang merawani dengan tumpukan sampah juga.

Deretan Berugaq (tempat Istirahat)

Kalau sudah tidak sabaran untuk berkunjung, saya mau kasi tau lagi nie. Kalai ini mengenai rute jalan nya biar ng’ nyasar. Jika sudah sampai Jerowaru tinggal lurus saja ikuti jalan. Di sepanjang jalan ada terpasang penunjuk arah. Sampai simpang tiga di desa pemongkong disana ada juga terpasang penujuk. Kalau kalian ke arah kiri berarti menuju pantai pink atau tangsi. Ini kalian tinggal lurus saja.

photo Lombok Kita

Ingat jangan sampai destinasi ini dirusak oleh sampah ya…di sana belum saya lihat ada bak sampahnya akan tetapi alangkah bijaknya jika sampahnya dibawa pulang lagi. [SR]

 

One Reply to “Destinasi Wisata Pantai Cemara Lombok Timur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *