Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Lombok Timur

Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terletak di Pulau Lombok. Lombok Timur secara administratif berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Utara (bagian Barat), bagian selatan berbatasan dengan samudara Hindia, sebelah utara berbatasan dengan laut jawa, dan terakhir sebelah timur berbatasan dengan selat Alas yang meisahkan antara pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa. Kabupaten Lombok Timur atau yang biasa disebut gumi Selaparang memiliki ibu kota di daerah Selong.

Gumi selaparang sebuah sebutan tersemat untuk Lombok Timur tidak sebatas sebutan. Ada nilai sejarah yang terkandung didalamnya.  Singkat cerita zaman dahulu berdiri sebuah kerajaan yang dinamakan kerajaan Selaparang. Kerajaan ini memiliki kontribusi besar dalam perlawanan melawan penjajah belanda. Bukti sejarah tentang kerajaan Selaparang ada di Desa Selaparang Kecamatan Suela.

Berbicara tentang Lombok Timur tidak akan habisnya untuk diperbincangkan. Kabupaten yang menyimpan berbagai potensi, mulai dari religi, wisata, budaya dan lain sebagainya. Dalam tulisan saya ini, hanya bercerita singkat saja tentang potensi atau gambaran umum tentang kabupaten Lombok Timur.

Kabupaten dengan 99 % Muslim

Penduduk mayoritas muslim hingga 99 % dengan jumlah penduduk 1.3 juta jiwa. Keberadaan umat muslim santer terasa  dengan nuansa ke agamaan.  Terlihat dari bangunan megah yang dijadikan sebagai tempat ibadah (Masjid)yang terdapat ditiap desa. Bahkan dalam satu desa terdapat  5 hingga 7 masjid berdiri kokoh menjadi tempat berlangsungnya acara keagamaan. Menurut data dari BPPD, bahwa Lombok Timur memiliki masjid kurang lebih 4,500 bangunan masjid. Tidak heran makanya kabupaten ini memiliki julukan sebagai daerah pulau seribu masjid yang mewakili pulau Lombok.

Dan selain itu, di Lombok timurlah tempat lahirnya Organisasi Keagamaan terbesar di NTB ini yaitu Nahdlatul Wathan (NW).  Organisasi NW memiliki pengaruh yang begitu besar dalam pembangunan umat muslim yang ada di NTB. NW sendiri memiliki ratusan pusat pendidikan yang tersebar hingga ke pelosok NTB. Bukan hanya di Lombok Timur saja tapi sudah merambah hingga ke kabupaten lainnya.

Potensi Wisata dan Budaya Lombok Timur

Melihat kondisi geografi Gumi Selaparang ini yang terdiri dari dataran tinggi hingga 3.726 dpl dan dataran rendah. Ini lah yang menyebabkan daerah gumi selaparang kaya akan lokasi wisata.  Kita tinggal sebut saja, mau berwisata gunung ada, mau berwisata hutan, air terjun ada juga apalagi pantai dan panorama pulau-pulau kecill yang di sebut gili ada juga menghiasi kabupaten ini.

Kabupaten Lombok Timur  memiliki potensi wisata yang di klasifikasikan sesuai sasaran dan tujuan pengunjung diantaranya :

[pertama] Wisata Pantai

Para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama yang begitu indah dan menakjubkan, semuanya ada di Lombok Timur. Wisata pantai yang terhimpun dan menjadi daya tarik pengunjung adalah

Pantai Pink

Pantai Kaliantan

Pantai Tanjung beloam

Pantai Surga

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Cemara

Dan masih banyak lagi pantai yang terdapat di Gumi Selaparang. Pantai-panatai yang saya sebutkan diatas merupakan pantai yang sudah ramai dikunjungi.

[Kedua] pulau-pulau kecil /Gili

Kalau menyebut nama gili pasti yang terpintas pertama kali dibenak kita yaitu gili trawangan, air dan Meno yang ada di Lombok Timur. Gili atau pulau-pulau kecil tidak hanya dimiliki oleh kabupaten Lombok Utara,  Lombok timur juga memiliki gili yang tidak kalah cantiknya. Kecantikan gili ini sangat menghipnotis para pengunjung. Ukuran gili di Lotim tidak bisa menandingi 3 gili yang ada di Lombok Utara. Gili-gili yang ada di gumi seribu masjid ini dianataranya:

Gili Kondo

Gili Lampu

Gili Bidara

Gili Lebur

Gili Sulat (Hutan Bakau terluas dI Lombok)

Gili Petelu

Gili Beleq

Deretan gili yang menjadi daya tari wisatawan ini rata-rata memiliki kehasan dan jenis pasir yang putih. Jika penasaran datang saja ke Lombok. Tapi gili yang ada tidak serame gili yang lain. Kalian akan disuguhi panorama air nya yang masih terjaga dan jika kalian berkunjung kalaian akan menemukan kedamaian dan susana yang sepi. Nyocok buat kalaian yang mencari ketenangan. Berkunjung ke gili yang ada di Lombok Timur kerasa pulau pribadi.

[Ketiga] Wisata Hutan, Bukit dan Gunung

Selain memiliki keindahan alam lautnya, Lombok Timur juga Memiliki sederetan panorama hutan yang cantik dan patut untuk di kunjungi. Saya jamin pasti bakalan ketagihan.

Air Terjun Mangku sakti

Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Dewi Selendang

Air Terjun Koko Putek (Sungai Putih)

Air Terjun Joben

Mayung Polak

Air terjun Jeruk Manis

Wisata Aik mencerit

Wisata Pusuk Sembalun

Wisata Kebun Raya Lemor

Wisata Lemor (pemandian)

Danau Segara Anak

Bukit Nanggi

Bukit Selong

Bukit Pergasingan

Bukit Puncak Jeringo

Gunung Rinjani

Dan masih banyak tempat lainnya yang belum bisa saya sebutkan. Lokasi ini yang saya sebut diatas merupakan lokasi wisata yang mudah untuk dijangkau oleh wisatawan.

Kalau mau ditulis potensi yang ada tidak ada habisnya. Saya hanya menulis gambaran saja yang saya pernah kunjungi dan sebagian saya dapatkan infonya dari teman-teman yang hobinya keluyuran dalam rangka menikmati keindahan alam ciptaan Allah yang Maha Kuasa.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan menjadi refrensi liburan bersama orang tersayang. Jangan lupa berwisata dan menikmati indahnya alam ini tidak ada yang melarang. Larangan itu akan keluar ketika tangan – tangan kotor dan tidak bertanggung jawab mulai merusak dengan membuang sampah sembarang. Semoga kalian termasuk wisatwan yang memberi kontribusi bagi alam dan memiliki rasa cinta yang penuh ke lingkungan dan alam yang kalian kunjungi.

Itulah sekelumit cerita perkenalan mengenai Lombok Timur, kebetulan saya berasal dari Lombok Timur. Jika ada tempat wisata yang ada di pulau Lombok yang tidak saya tulis, kalian bisa tambahkan lewat komentar yang tersedia sehingga bisa menjadi tambahan refrensi bagi teman-teman yang lain [SR]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *