Mengenal Komunitas INDERA

Sebuah keadaan yang menyadarkan kita bahwa sejatinya pendidikan merupakan pilar bagi negara ini. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan ilmu yang kita dapatkan. Apakah kita membiarkannya begitu saja dengan memperkaya diri kita sendiri dengan pengetahuan yang kita miliki atau mengalirkannya bagaikan mata air.

Pendidikan yang kita dapatkan tidak semata-mata sebuah aksi demi mencari sebuah pengakuan bahwa kita orang yang pandai. Tentu ini merupakan kesalahan yang teramat besar menurut saya. Ilmu yang kita dapatkan baik dari pendidikan formal maupun non formal kalau tidak di tranfer ke orang maka sangat merugi orang yang memiliki ilmu tersebut.

Mungkin sebagian dari kita pernah bertanya, kenapa saya harus membagikan ilmu yang saya miliki? padahal saya sudah capek-capek mencarinya, waktu yang saya tempuh tidak begitu singkat, terlebih biaya yang saya keluarkan begitu besar.

Pertanyaan diatas membuka hati dan pikiran kita bahwa ilmu itu dicari tujuannya untuk menguji sebatas mana pemahaman kita mengenai ilmu yang kita dapatkan. Jika kita tidak mengimplementasikannya maka kita tidak bisa mengetahui sebatas mana tingkat kemampuan yang kita miliki, walau pada dasarnya kita merasa ilmu yang kita miliki sudah banyak.

Setelah melihat banyaknya bentuk dan wujud disiplin ilmu yang ada di Indonesia ini membuka mata kita bagaimana caranya agar ilmu yang teman-teman miliki bisa tersalurkan dan memberikan manfaat bagi orang lain. Lewat beberapa pemikiran tersebut terbentuklah sebuah komunitas yang memiliki tujuan disamping fokus pada anak-anak juga memberi ruang dalam menyatukan berbagai disiplin ilmu tersebut.

Incandescing Children Absolutely (INDERA) sebuah komunitas yang terlahir berlandaskan pada keperihatinan kami terhadap kondisi anak khususnya di Lombok. Ada banyak faktor yang mempengaruhi baik buruknya perkembangan anak. Pendidikan keluarga adalah yang utama. Banyak orang tua yang dikenal baik akhlaknya namun memiliki anak yang berkepribadian berbeda dari yang diharapkan. Banyak pula orang tua yang dikenal jauh dari akhlak yang baik, namun memiliki anak yang kepribadiannya disukai banyak orang. Maka boleh dikatakan, mendidik anak bukan perkara apa dan siapa, tapi tentang bagaimana.

INDERA hadir dengan semangat muda dari para relawan muda yang peduli dan siap menyumbangkan tenaga, ide, dan waktunya untuk kebaikan anak negeri ini. Kami bermimpi kelak tak ada lagi anak negeri yang duduk di bangku sekolah adalah bunga mimpi dalam tidurnya. Tak ada lagi anak bangsa yang belajar pun masih dengan keterbatasan. Tak ada lagi anak bangsa yang malas dan tak punya tujuan. Yang ada hanya anak bangsa yang pintar, cerdas, dan menjadi andalan.

INDERA adalah sebuah komunitas sosial yang berfokus pada pengembangan anak terutama tentang kesadaran anak akan keberadaan mereka di dalam masyarakat dan tentang penguatan kesiapan anak untuk menjadi generasi penerus bangsa di masa depan.

Menyadikan semuanya menjadi lebih baik tentunya tidak gampang, butuh perjuangan dan butuh tenaga dari orang-orang yang siap menyumbangkan ilmu yang dimilki.

Relawan INDERA sadar akan hal yang menjadi perioritas tersebut. Para relawan  turun langsung kelapangan guna melihat kondisi dan melihat apa kebutuhan dari anak-anak yang ada diseluruh penjuru daerah. Selain turun mengidentifikasi persoalan, mereka juga aktif melakukan pendampingan dibeberapa sekolah yang mayoritasnya ana-anak dengan kondisi pendidikan yang kurang mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Kami tidak menyalahkan ini salah siapa, ini tugas siapa.

Menyatu nya berbagai disiplin keilmuan menjadi kekayaan sebuah komunitas. Pengalaman saya bergabung dengan komunitas ini membuka mata betapa pentingnya hidup ini. walau hanya berbagi pemikiran yang mungkin sederhana bagi saya tapi sangat berpengaruh bagi anak-anak yang membutuhkan.

Berangkat dari pengalaman ini saya mendapatkan berbagai macam pelajaran. Kata tulus dan semangat pantang menyerah yang ada pada diri relawan INDERA menambah semangat saya untuk terus ikut disetiap kegiatan yang kami adakan. Saya berharap semakin banyak teman-teman yang mau menyalurkan ilmu dan pemikirannya demi generasi yang akan datang.[SR]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *