Mencari Ide di Kamar Mandi

ide-sering-muncul-ketika-sedang-di-kamar-mandi-ini-penjelasan-ilmiahnya-800x500_c
Ilustrasi

Ide kadang datangnya tiba-tiba dan hilangnya juga tiba-tiba ya mirip kayak Jilangkung. Ide juga munculnya tidak kenal tempat. Seperti yang sering saya alami. Pengalaman saya jika ingin mencari ide baik mengenai tulisan, konsep acara, model design, dll. Tinggal bertapa di kamar mandi. Memang kedengaran nya jorok.  Kayak ng ada kerjaan aja.

Pengalaman jorok saya ini sudah lama di lakukan semenjak mulai menggarap skripsi. Tanpa saya sadari waktu itu pikiran dan gairah mengerjakan tugas akhir ini mulai padam, rasa jenuh menari-nari bagaikan goyangnya Inul, ngeborrr hingga ke dasar pikiran. Pas melangkah menuju kamar mandi semua aktivitas, kegalauan, kejenuhan hinggap satu persatu mulai terpikirkan. Tiba-tiba bagaikan kesambar petir lampu diatas kepala saya  mulai menyala. Ide dalam menuntas kan tugas akhir bermunculan. Rangkaian kata demi kata beterbangan bagaikan peri-peri cantik mengitari dikamar mandi.

Saya segerakan diri untuk menuangkan air ke seluruh badan tiga menit cukup bagi saya. Selesai mandi dan langkah demi langkah saya lalui dari kamar mandi menuju kamar saya, ide itu mulai berguguran hilang begitu saja. Sial rasa kecewa itu tumbuh subur lagi bagaikan tanaman diberi pupuk.

Saya mulai berpikir bagaimana mengatasi hilangnya ide itu. Catatan kecil bahkan hape sering saya bawa kekamar mandi tujuannya ketika ide itu mulai berdatangan saya tinggal catat intinya saja, yang penting ada kata yang di ingat. Itu tinggal di kembangkan saja. Makanya di hape yang saya milki ide demi ide tertulis rapi, bahkan ide untuk membuat logo berbagi macam bentuk terlahir dari kamar mandi.  Jorok memang, dan saya rasa teman-teman juga mengalami hal itu dan sering idenya keluar di kamar mandi pula… ngaku saja ng ada yang marah koc..

ilustrasi-_160503230641-413
Ilustrasi

Rasa penasaran, kenapa sih ide itu bisa keluar dikamar mandi, saya mulai berselancar di dunia maya untuk mencari tau dan ternyata ada beberapa hal yang menyebakan itu terjadi. Ternyata otak kita dapat mengeluarkan ide berilian itu pada saat mengeluarkan banyak hormon dopamin. Apasih Dopamin ini???? oke saya jawab ya… Dopamin ini menurut para ahli merupakan suatu neurotransmiter yang tercipta oleh tubuh kita sendiri dari asam amino tirosin “kagak ngerti yang penting itu penjelasannya”. Katanya Pak ahli dibidang ini dopamin dapat ditemukan pada makanan semisal daging dan keju, masih banyak makanan lainnya tinggal teman-teman cari infonya. Makanan yang disebutkan tadi merupakan makan yang kaya akan protein.   Dopamin ini berperan dalam membentuk adrenalin kita. Makanya yang kelihatannya bingung ng ada ide mungkin karena jarang makan daging. Atau ng pernah makan keju hehehehehehehe

Percuma juga jika hanya mengkonsumsi atau hanya menyediakan saja  kalau tidak di kelurkan. dan ternyata pemicu dari hormon ini keluar bisa di sebabkan oleh aktivitas misalnya dengan ber olahraga dan mandi terutama mandi air hangat. Tu kan… benar ketika kita di kamar mandi pikiran kita bisa terfokus dan terasa rileks. Dalam keadaan rileks pusat komando yang ada di otak dapat bekerja dan mulai mengelurkan ide-ide kreatif. Makanya kenapa ide  saat mandi berbeda dengan ide kita di tempat-tempat lain terutama bagi orang kantoran. Pasti di depan meja ide nya sulit bahkan otak mulai lesu mikir. Karena kondisi di kantor terlalu banyak tekanan yang menghantui, ini sih menurut saya karena pengalaman pribadi.

Nah… mulailah dari sekarang jika teman-teman kebingungan cari ide baik buat nulis atau apapun itu, jangan lupa konsumsi makanan yang tadi dijelaskan dan perbanyak olahraga. Dan jangan lupa juga duduk manis di kamar mandi, HAPE nya jagan lupa di bawa buat mencatat agar tidak hilang.

o-social-media-bathroom-facebook-750x375
Mencari ID

Mungkin teman-teman dalam mendapatkan ide ada cara tersendiri silahkan bisa di bagi tinggal kan komentar nya. Ini hanya pengalaman JOROK yang saya lakukan dan sering kali ini saya gunakan trik pencarian ide gokil….

 

3 thoughts on “Mencari Ide di Kamar Mandi

  • November 12, 2016 at 10:08 am
    Permalink

    Tapi sy setuju kok…kadang emang pas di kamar mandi tuh jadi keidean keluar hehehe..ato kadang muncul pas sholat habis takbir…nah yg ini sering mengganggu konsentrasi sholat hehehehe

    Reply
      • November 14, 2016 at 7:42 am
        Permalink

        nah bener…jadinya handle motor sambil pikiran kemana-mana…istilah yg suka sy pakai adalah…kita pake dl…autopilot hahahaha…pegang stang motor iya, pikiran kemana-mana iya…padahal bahaya hehehe

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *