Tips Mengingat Ide Untuk Tulisan

Pernah tidak temen-teman mengalami seperti apa yang sering aku alami. Terkadang banyak ide yang siap untuk dirangkai menjadi sebuah tulisan pas membuka leptop ide yang direncanakan untuk dikembangkan justru tertukar dengan ide yang datang tiba-tiba. Seperti yang sering saya alami. Contohnya malam kemarin. rencana ingin menulis tentang supermoon tiba-tiba berubah ke tulisan tentang minat baca.

Walaupun keluar dari perencanaan yang terpenting menurut saya masih ada ide untuk ditulis. Kejadian seperti ini sering sekali terjadi, terkadang juga pas mau nulis kerjaan kantor, malah yang keluar ide nulis buat isi blog yang muncul, sehingga kerjaan tertunda. Sedikit info buat teman-teman kantor tempat saya mengais rizki menyediakan informasi lewat website pengetahuanhijau.com. Di web ini banyak tulisan saya khususnya informasi diwilayah NTB. Informasi yang ada dalam web tersebut merangkum kegiatan yang ada dikawasan timur Indonesia, mulai dari NTB, Sulawesi, dan NTT. Informasi yang dipublikasikan berkaitan erat dengan pembangunan dan praktik-praktik cerdas di kawasan Indonesia timur. Silahkan juga berkunjung ke batukarinfo. di sini yang lebih lengkap tentang kawasan timur.

Kembali kecerita awal. Untuk mengatasi kejadian yang aku alami, ada beberapa tips untuk menjaga ide yang semula ingin ditulis supaya tidak hilang begitu saja. Biasanya kalau sudah nulis ide-ide yang lain cepat hilang. Untuk mengatasi ermasalahan ini tipsnya adalah

Mencatat point penting dalam ide tulisan yang ingin dikembangkan

Kebiasaan saya ketika menemukan ide saya mencatat pada buku harian atau dicatat dalam note hape. Kalau sudah dicatat point pentingnya tinggal menunggu ngalir saja bagaikan air saat mengetik. Sehari kadang 5 hingga puluhan ide tertulis dalam catatan. Apalagi didukung dengan pekerjaan yang aku jalani yang sering keluyuran kesuatu tempat. Pas dijalan melihat sesuatu yang bermanfaat langsung dicatat menjadi list tulisan.

Photo

Photo seringkali menjadi daya dukung untuk mengingat-ngingat ide yang sempat terlintas. Bahkan kalau aku malas mikir apa yang akan aku tulis, tinggal bongkar file gambar hasil jepretan. Gambar itu sendiri dapat menceritakan apa yang kita butuhkan dan memberikan kita bisikan gaib yangkan kita tulis.

Hanya dua point yang sering aku lakukan untuk mengingat bahkan mencari ide yang sempat hilang. Makanya kalau lagi dalam perjalanan siapakan buku catatan atau Hape. Lihat moment bagus tinggal cekrekk…. satu ide tulisan didapatkan. Sebenarnya tidak ada alasan kita untuk tidak menemukan ide atau tidak ada alasan untuk tidak menulis. Sesibuk apapun kita. Bahkan kesibukan kita sendiri bisa kita tuangkan dalam sebuah tulisan. Aku juga sangat kagum pada blogger-blogger hebat. Hal-hal yang tidak kita bayangkan bisa dirangkai dengan indah dalam sebuah tulisan.

Semoga tips aneh yang aku tulis ini bisa bermanfaat terlebih bagi penulis pemula seperti aku ini. banyak-banyak lah melatih jari dan perbanyak membaca biar kaya akan kosakata. Sering-seringlah silaturahmi ke tetangga sebelah untuk belajar. [BM]

2 thoughts on “Tips Mengingat Ide Untuk Tulisan

  • November 21, 2016 at 11:56 pm
    Permalink

    wah cocok nih,kalau dalam istilah saya, punya Bank Ide (di buku tulis) dan Bank Foto (yang tersimpan rapi di laptop) bisa bantu untuk recall lagi pengalaman lalu bisa dirangkai jadi tulisan, yg semoga ada manfaatnya utk yg baca. Berbagi pengalaman lewat tulisan.

    Reply
    • November 22, 2016 at 10:01 am
      Permalink

      terimakasih banyak bu. senang sekali blog saya di kunjungi.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *