Memanjakan Mata, Hati, dan Mulut di Pantai Pandanan Lombok Utara

syl_3772
Suasana Pantai Pandanan

Pantai Lombok dari ujung timur kebarat, selatan Keutara memiliki ciri khas yang berbeda-beda.  Sebagai orang asli Lombok, sangat lucu kedengarannya jika saya tidak pernah berkunjung atau mengeksplore pantai Lombok. Pada tulisan sebelumnya, saya sudah membahas tentang Gili Kondo, Gili Sulat, dan Pantai Pink, kali ini mau bercerita tentang sebuah tempat yang paling kren dan cocok buat yang merindukan suasana hening. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang. Pantai Pandanan sebuah nama disematkan untuk menandai atau menyebut pantai ini.

img_4108
Narsis di atas Bukit Malimbu II

Berbeda dengan pantai-pantai yang berada disekitarannya semisal senggigi yang sudah tumbuh subur dihiasi bangunan. Pantai Pandanan ini letaknya berdekatan dengan jembatan atau site malimbu dua.

Hiasan pasir putih menambah keindahan pantai ini. Air lautnya yang tenang dan jernih, pas bingit dijadikan tempat main-main bagi pengunjung  yang punya anak. Sangat direkomendasikan sebagai obyek wisata keluarga. Tapi yang belum berkeluarga juga boleh koc ng’ ada yang ngelarang. Selain panorama yang indah di pantai ini menawarkan suasana romantis. Pasir putihnya  yang bersih, pokonya mantap deh…

Saya berkunjung ke tempat ini tidak hanya sekali,  kalau dihitung hampir tiap hari, itu dulu pas kerjanya di wilayah Lombok Utara. Tiap pulang kerja,  saya menyempatkan diri singgah sebatas menikmati kopi hitam atau kelapa muda. Lumayan buat menghilangkan kejenuhan akan rutinitas tiap hari.

Panorama indah, suasana romantis,  yang terpenting kulinernya. Berwisata tidak lengkap rasanya jika mulut ini tidak dimanjakan. Jangan khawatir di tempat ini tersedia warung-warung bambu di pinggir pantai dengan menu khasnya ikan bakar. Ikan bakar di sini maknyoss, sudah murah enak lagi.

syl_3762
Warung-warung di pinggir pantai

Ikannya dijamin memanjakan mulut, bumbu khas lombok ikut andil dalam komposisi ikan bakar ini, ditambah pelecing kangkung yang pedesnya  bikin ketagihan. Aduh tidak bisa saya mengungkapkannya pokoknya saya sarankan untuk sesekali mampir di tempat ini.

syl_3761
Ikannya segar-segar
syl_3788
Ini bukan rakus tapi jadi bukti enaknya ikan bakar di Pantai Pandanan

Jarak dari kota ke pantai ini sekitaran 40 kilometer, walaupun jauh perjalanannya sangat mengasyikkan. Sepanjang jalan kita melihat keindahan pantai mulai dari pantai Batulayar, Senggigi, Malimbu, Nipah dan terakahir pantai Pandanan.

Ingat sampahnya, di Pantai ini ada beberapa bak sampah tersedia dan hampir setiap warung yang berjualan di pinggir pantai menyediakan. Jangan sampai mengotori pantai yang cantik ini.[BM]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *