Dari Mereka Untuk Lingkungan

img_3275
Gadis Cantik Pemungut sampah

Wajah kusam, agak hitam, rambut tidak teratur dan berwarna pirang dengan keringat menghiasinya. Mereka berjalan diantara panasnya terik mataharii di tambah pantulan pasir putih yang begitu indah menemani langkah pemulung kecil. Dengan karung digelantungkan di belakang pundaknya sambil menuduk titik demi titik untuk menggapai sampah pelastik yang mencemari keindahan dipantai Gili Genting Sekotong Barat.

Tubuh munggil gadis pemulung ini tidak diragukan lagi kekuataanya. Sepulang sekolah mereka tidak lantas istirahat namun langsung mengambil karung ajaib. Melangkah menyelulusuri jalanan demi mengais rizki yang mungkin menurut orang tidak ternilai tapi menurut dirinya sangat mahal nilainya. Uang yang didapatkan di kumpulkan dalam celengan.

Suatu hari saya ketika saya mengunjungi desa tersebut sya bertemu dengan dua gadis cilik. Mereka dengan senyum manis menampar kesibukan saya. Kegigihan mereka yang begitu tinggi membuat saya melangkah mengampiri nya.

Disisilain tampa kita sadari peran mereka sangat menentukan pola dari perubahan iklim akibat pencemaran yang dilakukan oleh manusia terutama sampah plastik. Sampah plastik menjadi masalah lingkup dunia karena semakin berkembangnya kehidupan di bumi ini di ikuti semakin tingginya penggunaan plastik. Dan perlu kita ketahui sampah plastik sangat sulit hancur dan membutuhkan waktu yang begitu lama. Apalagi jika sampah plastik ini bermuara dilaut akan menambah lama waktu untuk hancur.

Gadis cilik ini membantu mengurangi dampak pencemaran yang diakibatkan oleh kurang sadarnya kita dalam menjaga lingkungan. Kita selalu menikmati indahnya alam tapi kurang cinta dengan alam yang kita nikmati. Buktinya yaitu sampah yang kita buang sembarangan. Sampah yang kita anggap sepel jika terus menerus akan menjadi gunung raksasa yang mengancam kehidupan dibumi.

Mereka yang kecil saja sadar dan mengerti terus bagaimana dengan kita.???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *