BACA INI SEBELUM DAFTAR CPNS 2019

Para sarjana tahun ini sedikit lega. Pasalnya, ada kabar gembira datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu akan dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Pengumuman semacam ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua kalangan lebih-lebih para sarjana yang pengangguran. Bisa dikatakan, ini merupakan impian hampir semua orang di Indonesia walaupun ada juga yang tidak berminat menjadi PNS. Alasannya profesi sebagai seorang PNS terlihat asik dan masa depan lebih terjamin. Ini menurut para pendaftar.

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai persiapan sebelum mendaftar. Pendaftaran tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya. Seperti biasa pendaftaran dilakukan melalui laman web yang disediakan http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada penyelenggaraan melalui laman web instansi yang di daftar. Ya…palingan hanya informasi formasi saja. Lalu apa saja yang harus disiapkan jauh-jauh hari agar  hari H (hari mendaftar) tidak kelabakan?

FORMASI CPNS 2019

Seperti yang dilangsir dari berbagai sumber, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan tahun ini ada 197.117 formasi yang akan dibuka. Sebanyak 37.854 formasi untuk instansi pusat yang meliputi seluruh kementerian/lembaga negara, dan sisanya (159.257) untuk pemerintah daerah yang terdiri dari 460 an Pemda se-Indonesia.

Rincian formasinya sebagai berikut:

  • Untuk guru sebanyak 63.324 formasi
  • Tenaga kesehatan 31.756 formasi
  • Tenaga teknis fungsional sebanyak 23.660 formasi
  • Tenaga teknis lainnya sebanyak 26.767 formasi
  • Dosen sebanyak 2.194 formasi

Seperti biasa pemerintah membuka dua jenis jalur formasi yaitu Formasi Umum dan Khusus (Cumlaude, Diaspora, Disabilitas dan putra-putri terbaik papua). Setiap peserta yang akan mendaftar hanya diperbolehkan mendaftar satu instansi pemerintahan. Nah… bagi teman-teman yang yang mau mendaftar untuk diperhatikan instansi mana yang akan dilamar. Banyak kasus yang dijumpai dilapangan, karena si pelamar kurang focus sehingga salah daftar instansi yang berujung tidak lulus, ini dikarenakan setiap instansi juga memberikan syarat khusus.

PROSES SELEKSI CPNS

Biasanya untuk proses seleksi ini, tidak ada perubahan yang berarti hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Sistem yang bakalan digunakan dalam proses seleksi ini adalah Computer Assisted Test (CAT BKN). CAT ini digunakan untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB).

Berikut tahapan-tahapan jadwal seleksi CPNS yang harus diperhatikan oleh teman-teman.

  • Pengumuman Pendaftaraan di jadwalkan pada akhir Oktober hingga awal November 2019
  • Registrasi Online dijadwalkan pada bulan November 2019
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi pada bulan Desember 2019
  • Untuk pengumuman jadwal tes peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020
  • Sedangkan untuk hasil tes SKD di umumkan pada Maret 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  • Pada bulan April 2020 hasil seleksi baru diumumkan siapa yang layak untuk lolos menjadi Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan nilai capaian hasil tes.

LOKASI TES CPNS

Lokasi tes sering kali mengecohkan dan bahkan membuat peserta kebingungan. Alangkah lebih baiknya sebelum daftar untuk memperhatikan dimana lokasi tempat tes yang bisa di akses. Ini sedikit cerita yang  bisa dijadikan pelajaran. Pada tahun kemarin ada peserta yang berasal dari Lombok, dia memilih lokasi tes nya bertempat di Denpasar, padahal di Lombok sendiri sudah disediakan lokasinya baik untuk jalur formasi kementerian/lembaga maupun daerah. Katanya si pelamar ini, Denpasar dipilih karena dia menganggap hanya itu lokasi tes yang ada. Setelah baca informasi baru dia sadar ternyata di Lombok tempatnya tinggal ada juga lokasi tes. Kalau misal terjadi seperti ini, yang repot pteman-teman kan?.

Sebaiknya perhatikan dimana saja lokasi tesnya. Ada 108 titik yang sudah disiapkan sebagai tempat untuk melaksanakan tes secara serentak. Mengenai lokasi pas nya belum diumumkan secara resmi, yang jelas tidak berbeda jauh dengan lokasi seleksi pada tahun sebelumnya.

TATA CARA PENDAFTARAN

Ini lah tata cara pendaftaran CPNS 2019:

Pelamar dapat menerima atau mencari informasi melalui situs resmi ini.

  • Buat Akun

Setiap pelamar yang hendaks daftar CPNS harus terlebih dahulu mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga dan siapkan NIK kepala keluarga. Selanjutnya jangan lupa sediakan alamat email yang aktif dan jangan lupa juga passwordnya harus diingat. Oh ya… pelamar juga harus menyediakan pas foto yang harus diunggah dengan kriteria format dalam bentuk JPG dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb. Lebih dari ukuran yang di tetapkan tidak bisa untuk di upload atau unggah. Jika sudah, pelamar bisa mencetak kartu biodata pelamar atau kartu akun.

  • Setelah itu cobalah untuk login ke tahap selanjutnya mengunakan akun yang telah dibuat tadi. Loginnya mengunakan NIK  dan password yang sudah ditentukan oleh pelamar.
  • Melengkapi data diri

Jika sudah bisa login pelamar akan diarahkan untuk melengkapi data, mulai dari mengunggah foto dengan gaya yang ditentukan. Saat pengambilan foto pelamar diminta berfoto sambil memegang KTP dan hasil print data akun yang telah dibuat pada langkah pertama tadi. Lalu mengisi semua formnya termasuk instansi, formasi dan jabatan yang sesuai dengan bidang pendidikan pelamar. Biasanya setiap instansi yang dipilih memberikan syarat khusus, pelamar bisa siapkan berkasnya dan diunggah. Jangan lupa diperiksa atau dicek. Jika dirasa pas barulah dicetak kartu pendaftarannya.

  • Tunggu hasil verifikasi

Jika semua sudah diisi dan diunggah, pelamar tinggal menunggu hasil verifikasi. Ini merupakan tahap penentuan apakah pelamar lulus seleksi administrasi atau tidak.

  • Lulus Administrasi

Jika semua berkas sudah diverifikasi dan sesuai seperti yang diminta oleh instansi yang dilamar, maka akan dinyatakan lulus administrasi. Setelah itu akan diberikan kartu ujian yang digunakan untuk mengikuti seleksi.

Catatan untuk teman-teman pelamar, agar selalu aktif dan mengecek segala bentuk informasi. Karena informasi terkadang selalu berubah-ubah. Bisa saja jadwal penerimaan berubah dan lain sebagainya. Peran aktif teman-teman dalam mengakses informasi seputaran seleksi CPNS sangat penting. Dan akhir kata semoga teman-teman lulus menjadi PNS seperti apa yang menjadi impiannya. Tetaplah belajar dan berdoa. [SR]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *